cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
JOSIKOM adalah Jurnal Online Sistem Informasi STMIK STIKOM Bali yang memuat artikel-artikel ilmiah hasil penelitian dosen dan mahasiswa Program Studi Sistem Informasi STMIK STIKOM Bali.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2015)" : 13 Documents clear
APLIKASI OPTIMALISASI KEUNTUNGAN KERAJINAN GERABAH MENGGUNAKAN METODE SIMPLEKS BERBASIS WEB Bhawa, I Nyoman Dedy Tirta; Suwirmayanti, S.Kom, MT, Ni Luh Gede Pivin; Dewi, S.Kom, MT, Nyoman Ayu Nila
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di era globalisasi persaingan bisnis semakin ketat. Setiap perusahaan dituntut mampu produktif dalam menjalankan usahanya agar mereka tetap bisa bertahan dalam tantangan globalisasi. Untuk itulah perusahaan pun harus mampu menganalisis dan memecahkan setiap masalah yang dihadapinya. Permasalahan penentuan jumlah produksi dari beberapa produk di suatu perusahaan sering kali dihadapi oleh manajer produksi sehingga perusahaan dapat mengalami kerugian. Hal itu disebabkan karena jumlah barang yang diproduksi tidak sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selain itu faktor keterbatasan sumber daya yang dimiliki perusahaan pun dapat mengakibatkan kerugian perusahaan. Untuk itu diperlukan pengelolaan sumber daya yang terbatas tersebut oleh perusahaan.Kata Kunci  : Kerajinan Gerabah, Metode Simpleks, Optimalisasi Produksi, Web  
APLIKASI GAME BERBURU MADU SUMBAWA BERBASIS UNITY 3D Apriyansyah, Roman; Hanief, Shofwan; Crisnapati, Padma Nyoman
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi Game berburu madu Sumbawa berbasis unity 3D adalah sebuah permainan inovasi baru. Aplikasi game ini bertujuan untuk mengilustrasikan cara berburu madu Sumbawa. Game ini bersifat dua dimensi yang dijalankan pada platform android. Platform android, dipilih karena perkembangan game mobile di Indonesia sangat pesat serta peminatnya sangat banyak. Aplikasi game berburu madu Sumbawa ini dibuat menggunakan aplikasi Unity, animasi yang ditampilkan pada game dibuat juga dengan aplikasi Unity. CorelDraw dan Adobe Photoshop digunakan untuk pembuatan desain tampilan, karakter dan background. Hasil dari aplikasi ini dibuat untuk memberikan kenyaman pada orang yang memainkannya, khususnya para pecinta game mobile.Kata kunci: Aplikasi Game, berburu madu, android, unity 3D, animasi.
DISASTER RECOVERY PLANNING PENGAMANAN DATA DENGAN FRAMEWORK COBIT 4.1 DOMAIN DS 11 STUDI KASUS PENGADILAN NEGERI DENPASAR Suyasa, I Putu; Hanief, S.Kom., MT, Shofwan; Muriarka S.Kom, I Gede
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengadilan Negeri Denpasar  merupakan sebuah forum publicyang melayani masyarakat dalam pencarian keadilan. Dalam proses pelayanan, Pengadilan Negeri Denpasar membutuhkan data-data yang terkait dengan perselisihan yang sifatnya rahasia sehingga membutuhkan pengamanan yang lebih, baik dari gangguan manusia maupun dari alam. Dengan penerapan, pelayanan bisa dilakukan dengan cepat. Karena pemanfaatan teknologi informasi semakin hari semakin luas untuk mendukung pencapaian tujuan suatu organisasi. Dengan kata lain, setiap adanya gangguan keamanan layanan teknologi informasi dapat berakibat langsung atau tidak langsung terhadap bisnis tersebut. Suatu badan organisasi yang sepenuhnya bergantung terhadap layanan teknologi informasi sudah selayaknya memberikan proteksi terhadap segala macam, kemungkinan potensi ancaman bahaya yang akan terjadi dan bisa saja menyebabkan kerukerusakan dan kerugian jika suatu saat terjadi bencana. Perlu adanya tindakan yang harus diambil sebelum, selama, dan setelah suatu bencana atau peristiwa yang mengganggu itu terjadi yang menyebabkan kerugian bagi suatu organisasi. Disaster Recovery Planning adalah suatu upaya pemulihan infrastruktur teknologi informasi dari suatu bencana tertentu baik berskala kecil maupun besar. Suatu Disaster Recovery Planning membantu dalam mengelola pemulihan dan menyelamatkan proses sesudah terjadinya bencana. Dengan menggunakan framework Cobit didapat hasil yaitu sebuah rekomendasi disaster recovery planning dan standart operasional procedure berdasarkan framework Cobit dan standart operasional procedure berdasarkan hasil rekap kuesioner Cobit. Kata Kunci : Teknologi Informasi, Disaster Recovery Planning, Bencana dan Cobit   
SISTEM PENJADWALAN PEMINJAMAN AULA STIKOM BALI BERBASIS WEB DAN SMS GATEWAY Prasetyo, Bandha Hady; Indrianto, Indrianto; Januhari, Ni Nyoman Utami
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer (STIMIK) STIKOM Bali merupakan sebuah perguruan tinggi IT di Bali yang terletak di jalan Raya Puputan Renon Bali. STIKOM Bali memiliki fasilitas berupa Aula STIKOM Bali yang selain digunakan untuk kegiatan internal kampus juga dapat disewakan untuk keperluan masyarakat umum. Namun dalam proses penjadwalan dan peminjaman masih bersifat konvesional, bagian Sarpras yang bertugas mengelola aula masih melakukan proses manual dalam pengolahan data dan informasi mengenai aula. Oleh karena itu maka perlu diterapkan suatu sistem yang mengimplementasikan suatu produk teknologi informasi penjadwalan peminjaman, yaitu dengan berbasis website dan sms gateway. Dengan sistem tersebut maka dapat mempermudah informasi penggunaan aula, kemudahan mendapatkan informasi dan melakukan peminjaman menjadi faktor yang utama untuk calon pengguna aula. Sistem yang berbasis website dan sms gateway ini mempunyai kelebihan dapat melakukan peminjaman melalui website ataupun secara sms dengan format yang sudah ditentukan, selain itu dapat melihat jadwal pemakaian secara online di web. Dengan mengimplementasikan sistem berbasis website dan sms gateway ini diharapkan mempermudah bagian Sarpras dalam mengelola penjadwalan peminjaman aula dan memberikan informasi kepada calon pengguna aula.Kata Kunci : Sistem, Penjadwalan dan Peminjaman,Website, SMS Gateway
APLIKASI PEMBELAJARAN PAUD DENGAN METODE VISUAL, AUDIO, DAN KINESTETIK BERBASIS WINDOWS PHONE Putra Wibawa, I Nyoman Ari; Yulyantari, Luh Made; Agung Sugiarta, I Gusti Rai
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi pembelajaran PAUD dengan metode visual, audio, dan kinestetik  berbasis windows phone adalah sistem informasi pembelajaran untuk anak-anak usia dini, yang dapat merumuskan materi-materi dasar. Materi yang diberikan pada aplikasi ini adalah pengenalan gerakan, abjad, warna, nama alat musik, dan suara satwa. Pada aplikasi ini digunakan metode pembelajaran visual (belajar dengan media gambar), metode pembelajaran audio (belajar dengan media suara), dan metode pembelajaran Kinestetik (belajar dengan melakukan gerakan aktif). Materinya disajikan dengan gambar, kemudian ketika gambar disentuh maka sistem akan memutar audio narasi penjelasan tentang gambar yang disentuh. Sistem informasi pembelajaran ini mengimplementasikan pembelajaran PAUD ke dalam aplikasi mobile khususnya Windows Phone.                                                                                           Kata Kunci : Aplikasi Pembelajaran, PAUD, Metode Visual, Audio, Kinestetik. 
Rancang Bangun Sistem Peramalan Penjualan Baju di Distro the Black Dark Dili Berbasis Web X. Do Rego, Manuel Eduardo; Sentana, I Wayan Budi; Yuniastari Sarja, Ni Luh Ayu Kartika
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The Black Dark Dili adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang penjualan baju. Kegiatan penjualan terdiri dari transaksi penjualan dan pemesanan baju. Sistem penjualan barang dan jasa yang digunakan pada Distro The Black Dark Dili tersebut masih sangat sederhana, dalam melakukan pencatatan  transaksi penjualan. Hal tersebut tidak efisien dan efektif karena akan menghabiskan banyak waktu dan resiko terjadi kesalahan relatif  lebih besar di bagian penjualan.Melihat permasalahan yang telah diuraikan diatas maka, dibuatlah suatu sistem peramalan penjualan barang dengan tujuan supaya kegiatan transaksi penjualan akan lebih efektif dan efisien baik dalam hal waktu,maupun dalam hal mengurangi resiko kesalahan dan juga dapat memudahkan penyajian laporan sehingga dapat memudahkan pimpinan untuk mengambil keputusan, Pada pembuatan aplikasi tersebut, konsep perencanaan dan perancangannya melalui pengumpulan data, (DFD) Data Flow Diagram, (ERD) Entity Relationship Diagram, dimana sistem yang dibuat mengunakan bahasa pemrograman php dan dengan data base berbasis MySql. Sebagai panduan dasar dalam menbuat sistem Peramalan penjualan Kata Kunci  : Sistem Peramalan penjualan, Laporan  berbasis web 
SISTEM PAKAR PENENTUAN MAKANAN KUCING DENGAN METODE FORWARD DAN BACKWARD CHAINING STUDI KASUS SAKURA PET SHOP Surapradnya, Putu Gede Hermawan; Atmojo, Yohanes Priyo; Sri Melati, I Gusti Ayu
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di luar dari perkembangan teknologi pada era sekarang, manusia secara psikologis membutuhkan teman berbagi dan secara fisik membutuhkan teman bermain yang tidak lain adalah hewan peliharaan. Kucing merupakan salah satu dari hewan peliharaan yang sangat digemari oleh manusia. Kecintaan pada kucing tidak hanya berada di lingkup kalangan atas namun juga kalangan menengah. Tetapi kebanyakan pemilik kucing bingung bahkan tidak mengetahui makanan kucing yang sesuai untuk kucing mereka.Dalam penelitian ini, penulis mencoba membangun suatu system pakar penentuan makanan kucing dengan kriteria yang ada pada kucing. Data masukan kriteria di dapat dengan mengamati kriteria yang ada pada kucing. Kemudian digunakan untuk mendapat kesimpulan yang didukung dengan metode “Forward Chaining”. Dan system ini juga menggunakan metode “Bacward chaining”, pengguna memilih makanan yang terdapat di sakura pet shop kemudian system akan memberi pertanyaan kepada pengguna yang digunakan untuk menentukan kecocokan makanan tersebut pada kucing pengguna. System ini  akan membantu pengguna dalam menentukan makanan kucing yang sesuai dengan kriteria kucing pengguna. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP sedangkan database menggunakan My SQL.Program aplikasi dapat memudahkan user untuk memutuskan makanan kucing yang sesuai dengan kucing pengguna.Kata Kunci : Sistem Pakar , makanan kucing, Forward dan Backward Chaining 
Game Olahraga Tradisional “Budaya Pacu Itiak” Sumatera Barat Berbasis Android Arifman, Arifman; Naseer, Muchammad; Krisnapati, Padma Nyoman
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Game Olahraga Tradisional “Budaya Pacu Itiak” diangkat dari olahraga tradisional yang berasal dari daerah Minangkabau, tepatnya di Kota Payakumbuh (Sumatera Barat). Pacu Itiak merupakan olahraga dengan cara memainkannya di mana itiak dipegang oleh para pemilik itiak (joki itiak) untuk kemudian dilemparkan tinggi melambung ke udara. Setelah itiak dilepaskan, maka itiak-itiak tersebut akan terbang  menuju garis finish atau garis mati yang biasa disebut warga setempat. Perubahan prilaku masyarakat karena perkembangan teknologi yang bigitu cepat karena tuntutan manusia untuk menciptakan sesuatu lebih baik dari sebelumnya. Maka dari itu olahraga tradisional ini dikembangkan sesuai dengan perkembangan yang ada yaitu melalui media game untuk tetap bisa dilestarikan. Aplikasi yang digunakan untuk building game ini yaitu Engine Unity dengan bahasa pemograman C# berbasis Android. Metode yang digunakan untuk membuat game Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang di dalamnya terdapat enam tahap yaitu concept, design, material collecting, testing dan distribution. Pada tahap concept diuraikan tentang media pembuatan,user dan hal pendukung lainnya tentang aplikasi yang akan dibuat. Pada tahap design akan dibuat storyboard dan design antarmuka game. Tahap material collecting akan dibuat untuk asset-asset yang dibutuhkan di game. Tahap testing dilakukan dengan dua cara yaitu dengan testing black box dan testing dengan perangkat. Setelah semuanya sesuai dengan yang diharapkan baru bisa dilakukan pada tahapan akhir yaitu distribution. Dengan adanya Game Olahraga Tradisional “Budaya Pacu Itiak” diharapkan masyarakat bisa lebih mencintai dan melestarikan budaya Indonesia.Kata Kunci :   Game, Android, Unity, C#, Pacu Itiak.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PADA MUSEUM BALI BERBASIS WEB Fitria, Riska; Ahmadi, Candra; Hendrawan, I Nyoman Rudy
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.973 KB)

Abstract

Saat ini kebanyakan dari orang Indonesia sangat jarang mengunjungi museum hal ini disebabkan karena kurangnya kepedulian dan minat masyarakat umum terhadap kesenian daerah, budaya dan sejarah. Respons minat dari masyarakat terhadap museum masih kurang, dikarenakan pemahaman tentang museum masih sempit. Bahkan tidak jarang dari mereka mengetahui bahwa museum seperti sebuah bangunan yang didalamnya hanya menyimpan benda kuno yang tidak bermanfaat. Namun,  jika dipahami dan diteliti lebih dalam, museum sangatlah signifikan dalam pengembangan wawasan serta pengetahuan yang sangat berguna untuk menciptakan pelestarian terhadap warisan budaya akan tetapi juga untuk melestarikan makna yang ada pada sistem, nilai dan norma. Dimana warisan budaya yang ada pada masa lampau tidak mudah untuk ditinggalkan, sehingga dapat memperkenalkan kebudayaan nasional. Selama ini Museum Bali masih kurang peminat karena terbatasnya informasi maka sangatlah penting guna mempublikasikan masyarakat luas untuk mendapatkan sumber informasi sejarah dan kebudayaan yang lengkap dan terpercaya. Dengan menyebarluaskan informasi tentang Museum Bali kepada masyarakat umum melalui media publikasi yang akan digunakan yaitu melalui media website untuk menunjukkan profil dan beberapa koleksi dari Museum Bali kepada masyarakat.Kata kunci: Sistem Informasi, Dinas Kebudayaan Bali, Museum, Puputan, Kota Denpasar
SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF PENJUALAN PADA CV NICEPRO MEGATAMA Adnyana, I Gede Dwipa; Krisna Juliharta, I Gede Putu; Surya Arnawa, IB Ketut
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

CV Nicepro Megatama merupakan perusahaan pengolahan daging mentah menjadi makanan istan yang telah menyediakan untuk beberapa supermarket, villa, dan hotel di Bali. Namun belom ada pengolahan prosen transaksi dan laporan yang cepat pada perusahaan ini. Pengolahan proses transaksi dan laporan yang cepat dan tepat akan menjadi kunci keberhasilan perusahaan membangun dan mengembangkan usahanya menjadi lebih besar dan maju. Karena kurangnya pengetahuan tentang teknologi dan informasi menyebabkan perusahaan tersebut lebih cenderung menggunakan proses manual dalam proses transaksi dan pencatatan laporan, sehingga menyebabkan kurang efektif dan efisiennya kinerja perusahaan dalam mengolah data-data dan berakibat lambatnya pengambilan keputusan perencanaan yang dapat diambil ole eksekutif perusahaan.Dengan menggunakan aplikasi system informasi eksekutif penjualan dimana dalam proses pembuatan sistem ini menggunakan metode yaitu wawancara, observasi, studi literatur, dan analisa permasalahan. Yang nantinya dapat menghasilkan aplikasi yang baik dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh user. Alplikasi ini dapat membantu CV Nicepro Megatama dalam membuat keputusan pembelian, produksi, dan penjualan sehingga dapat secara efektif dan efisien dalam proses perencanaan oleh pihak eksekutif perusahaan. Kata Kunci : sistem informasi eksekutif, pendukung keputusan, pembelian, penjualan

Page 1 of 2 | Total Record : 13